Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, April 5, 2014

Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih

Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih - Untuk anda yang tinggal di daerah jawa barat , seperti bandung , ciamis , sukabumi , bogor dan sekitarnya pasti anda tidak asing lagi dengan nikmatnya nasi liwet . bagaimana tidak , nasi liwet dalam sunda itu adalah salah satu makanan yang harus tersedia saat ada acara-acara tertentu atau makanan yang bisa dinikmati disetiap waktu . walaupun saya bukan asli orang bogor atau sunda , tapi karena tiga tahun kebelakang saya tinggal di cibinong bogor saya jadi lebih suka dengan nikmatnya nasi liwet dari pada nasi biasa .

Saya juga aneh , kenapa terasa sangat nikmat jika makan dengan nasi liwet dan saya jadi sangat menyukainya . mungkin karena terbawa oleh teman-teman kerja saya kemarin yang kebanyakan asli pribumi bogor kali yah . karena disetiap kesempatan saya bermain kerumah teman atau makan diluar bersama teman-teman saya pasti menu yang diburu adalah masakan khas sunda yang pastinya menggunakan nasi liwet yang sangat nikmat ini . biasanya diwarung-warung khas sunda hanya dengan merogoh kantong lima ribu rupiah saja anda sudah mendapatkan satu porsi nasi liwet yang hangat .

Selain membakar jagung dan membakar sate dalam menanti detik-detik pergantian tahun , orang sunda juga sering mengadakan masak-masak bersama teman-temannya atau saudara-saudaranya dirumah . seperti tahun baru kemarin , saya bersama teman-teman kerja saya juga mengadakan masak-masak yang tentunya tidak lengkap jika tidak memasak nasi liwet . perlu anda ketahui , nasi liwet yang ditambahkan teri sebagai campurannya akan menghasilkan nasi liwet yang sangat gurih dan nikmat . apalagi kebanyakn orang sunda suka dengan asin , jadi nasi liwet yang dicampur teri akan menciptakan nasi liwet asin gurih .

Ternyata bukan hanya saat acara pergantian tahun saja nasi liwet dimasak . saat menjalankan ibadah puasa atau bulan ramadhan , sebelum idul fitri tiba biasanya selalu mengadakan buka bersama . kalau anda asli orang sunda anda pasti tahu istilah curcurak ? curcurak yaitu acara masak-masak bersama yang dinikmati untuk berbuka puasa bersama beberapa hari sebelum lebaran tiba . karena saya tiga tahun tinggal dibogor , saya juga pernah curcurak tiga kali bersama teman-teman saya .

Apakah anda salah satu pencinta nasi liwet ? dengan menggunakan sedikit kerja keras dan beberapa waktu saja sebenarnya anda bisa membuat nasi liwet teri khas sunda ini dengan mudah dirumah loh . hanya menggunakan rice cooker saja , nasi liwet teri khas sunda yang enak dan gurih dapat anda santap dirumah bersama keluarga anda . untuk anda yang ingin mengetahui bahan-bahan dan cara pembuatannya dengan jelas , silahkan lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya dibawah ini .

Resep Nasi Liwet Teri Khas Sunda Gurih

Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih

Bahan-bahan Nasi Liwet Teri :

  • Beras pulen ( contoh cianjur jika ada ) 1 liter
  • Air bersih secukupnya 
  • Bawang putih 6 siung
  • Daun sereh ( dikeprek ) 2 batang
  • Daun salam 5 lembar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa ( seperti royco atau masako bisa rasa ayam atau sapi )
  • Ikan teri 1 ons

Cara Membuat Nasi Liwet Teri :

  1. Cuci bersih beras terlebih dahulu .
  2. Kupas bawang putih , kemudian goreng sampai kering dan harum lalu tiriskan .
  3. Masukan air dan beras kedalam rice cooker ( saat memasak nasi liwet , air tambahkan sedikit berbeda dengan mamasak nasi biasanya )
  4. Masukan ikan teri , daun sereh , daun salam , penyedap rasa , garam dan bawang putih yang sudah digoreng kedalam rice cooker .
  5. Aduk sampai bumbu merata dan tunggu hingga masak . selesai
Walaupun saya bukan asli orang sunda tapi tak ada satupun makanan khas sunda yang saya tidak suka terutama nasi liwet teri ini . mungkin karena efek tiga tahun tinggal ditanah sunda kali yah ? nasi liwet teri kurang afdol jika tidak berteman dengan sambal , lalapan dan tempe goreng . pokoknya saya makan bisa menang banyak deh kalo sudah disajikan makanan khas sunda yang satu ini manteeeeep banget soalnya hihiihi

Kalo sudah terkumpul nasi liwet teri , sambal , lalapan dan tempe goreng pastinya pengin ada yang gurih-gurih enak gitu kan . seperti ayam goreng , ayam bakar , lele goreng , belut cabe ijo , pepes ikan , ikan mas goreng dan lain-lainnya yang pastinya akan menambah nabsu makan anda . uhhh , gurih-gurih nyooy deh pokoknya hehhee apa lagi jika ditambahkan dengan petai bakar atau tumis jengkol dijamin menang banyak deh makannya . orang sunda kan suka banget tuh sama yang namanya petai dan jengkol . makanan ini juga salah satu teman setia nasi liwet yang tersedia warung-warung khas sunda .

Tidak usah kawatir akan bau sang petai dan sang jengkol yah , sekarang sudah jaman canggih kok . tinggal minum air putih yang banyak , konsumsi timun atau minum kopi hitam bau petai dan jengkol itu bakal kabur . jika anda masih kurang pede , tinggal sikat gigi saja dan kumur dengan larutan penyegar bau pete dan jengkol pun bener-bener ngacir deh hihihi atuh soal bau mah belakangan yang penting kan makan enak , iya engga ? hehhehe

Makan nasi liwet juga terasa kurang jika tidak ada tumis kangkung sebagai temannya . ngomong-ngomong soal tumis kangkung nih , saya jadi keinget pas curcurak lebaran kemarin . saat saya memasak tumis kangkung saya lupa masukin gula pasir dan kecap manis kedalam tumis kangkungnya . mungkin karena lidah saya lidah orang jawa tengah yang kalo masak harus ada asin , manis dan pedasnya kali yah , berbeda dengan orang sunda yang pencinta asin dan pedas saja . dan hasilnya , saya dimarahin sama teman-teman saya yang benar-benar asli orang sunda karena mereka tidak suka dengan manis .

Mungkin itu salah satu pengalaman yang buruk bagi saya , tapi tidak masalah lah karena dari mereka saya jadi mengenal yang namanya nasi liwet khas sunda yang sangat enak dan gurih hehehge . oh iya , gimana dengan Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih yang saya bagikan ini , cukup mudah untuk anda buat dirumah kan ? resep nasi liwet teri ini untuk sepuluh porsi dimasak kurang lebih selama satu jam . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep ini , semoga bermanfaat .

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad