Karupuak Sanjai Khas Padang - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, June 4, 2017

Karupuak Sanjai Khas Padang


Renyah, lezat, dan memiliki rasa yang ringan. Karupuak atau Kerupuk Sanjai adalah camilan ringan yang sangat cocok untuk mendampingi berbagai menu utama masakan khas Padang yang dikenal memiliki rasa yang sangat berat. Kerupuk ini seolah menjadi penyeimbang cita rasa sekaligus pembangkit selera yang cocok disantap kapan saja.


Karupuak Sanjai terbuat dari singkong yang diparut, dibentuk adonan, lalu digoreng. Bumbu dari kerupuk ini sebenarnya cukup sederhana, hanya berupa garam secukupnya. Meskipun demikian, bumbu yang sederhana ini mampu menyajikan citarasa yang mengagumkan.

Karupuak sanjai adalah sebutan orang Sumatera akan olahan yang satu ini, panganan yang dimaksud adalah keripik singkong yang telah diparut tipis memanjang kemudian dibumbui dengan taburan garam dan lado(cabe), sehingga banyaklah orang yang menyebutnya keripik balado. 

Keripik ini bisa anda dapatkan bila sedang berkunjung ke daerah padang atau bukit tinggi, karena memang olahan keripik lezat pedas ini adalah oleh-oleh khas bukit tinggi atau tepatnya Sumatera Barat. Untuk jenis dari keripik sanjai sendiri sebenarnya sudah dihadirkan dengan tiga varian yang berbeda, seperti ada yang hanya di beri garam saja (keripik sanjai tawar), ada yang diberi olesan gula merah (keripik sanjai saka), dan yang terakhir adalah keripik yang dibumbui lado (keripik balado). Semua ini sangat lezat dan renyah sekali sehingga sangat cocok untuk anda jadikan buah tangan bila berkunjung ke daerah tersebut.

Memang makanan ini cocok sekali untuk cemilan saat bersantai, dan sayapun ingin sekali mencicipinya. Nah kebetulan saat tahun baru saudara dari Padang datang, dan dia membawa oleh-oleh keripik balado merek Christine Hakim khas bukit tinggi, dan ternyata rasanya sangat enak sekali, dan saya sampai ketagihan dan tak mau berhenti memakannya. 

Karena selain rasa renyah dan garing yang dihasilkan dari singkong rasa manis pedas yang menempel pada keripikpun sangat terasa sekali, untuk itulah saya penasaran akan resep pembuatannya seperti apa. Dan tenyata saudara saya tahu resep yang digunakan, oleh karena itu saya langsung coba. Jadi bagi anda yang mau mencoba membuatnya silakan ikuti Resep Keripik Sanjai Balado Asli Bukit Tinggi Padang.


Ø  Bahan-bahan membuat keripik sanjai balado :
ü  500 grm ubi singkong, kupas dan parut tipis panjang
ü  1 sdm garam halus
ü  Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Ø  Bahan Bumbu lado
ü  20 cabe merah, buang dulu bijinya
ü  5 sdm gula pasir
ü  5 siung bawang putih
ü  1 sdm cuka makan

Ø  Cara Membuat Keripik Sanjai Balado Asli Padang
ü  Bila singkong sudah diparut, silakan taburi dengan garam dapur terlebih dulu, aduk merata dan diamkan 10 menit
ü  Sekarang tinggal goreng singkong hingga matang, tapi jangan terlalu gosong cukup putih saja, angkat dan tiriskan
ü  Silakan anda ulek atau blender semua bahan bumbu lado sampai halus dan tercampur rata, jangan lupa untuk mencampur cuka juga
ü  Nah, bila sudah sekarang tumis bumbu tersebut sampai matang dan merah masak, angkat
ü  Sekarang anda tinggal masukan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu lado, lalu aduk hingga tercampur rata
ü  Sekarang anda bisa menyimpannya dalam stoples atau kemasan lainnya, agar tidak mudah anyep
ü  Keripik sanjai balado siap disajikan.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuat makanan lezat khas padang ini, silakan anda mencoba membuatnya dirumah, tentunya dengan bumbu yang sama tapi takaran tergantung anda. Bila mebuatnya dalam porsi banyak silakan tambahkan saja bumbu yang dibutuhkan. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad