Resep Baklava Turki - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, November 10, 2016

Resep Baklava Turki


Sudah ada yang tau baklava ? ini adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. berikut cara membuat nya :

Bahan-bahan

10 lembar pastry sheet siap pakai
100 gram kacang mede panggang, cincang kasar
100 gram almond slice panggang
50 gram kismis
100 ml air
100 gram gula pasir
2 sendok makan air jeruk nipis
50 gram mentega, cairkan


Langkah-langkah

1. Giling tipis pastry sheet. Taruh dalam wadah atau loyang yang sudah diolesi margarin. Bisa dialasi baking paper dahulu. Olesi pastry sheet dengan mentega cair

2. Lakukan berulang hingga tertumpuk 4 pastry sheet. Lalu taburi dengan mede cincang dan kacang almond slice yang sudah dipanggang.

3. Tutup dengan pastry sheet yang sudah di giling tipis. Olesi dengan mentega cair lalu tumpuk lagi. lapisan ini sebanyak 3 kali (pastry sheet mentega pastry sheet mentega)

4. Taburi lagi dengan kacang dan kismis. Lalu tumpuk lagi dengan pastry sheet mentega sebanyak 3 kali. Lalu kerat-kerat.

5. Panggang dengan api sedang atau sekitar 180 derajat celcius sekitar 30menit atau sampai pastry kecoklatan dan matang.

6. Sementara baklava sedang dipanggang buatlah sirup gula dengan merebus gula pasir dengan air sampai gula larut dan air sedikit berkurang sekitar 50 ml. Tambahkan air jeruk nipis. lalu Angkat.

7.Angkat baklava yang sudah matang lalu siram dengan sirup gula. Simpan dalam kulkas. Baklava akan melunak setelah terkena cairan sirup gula tapi akan mengeras kembali setelah didinginkan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad