Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, May 16, 2017

Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau



Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. 

Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

Bagaimana, sudah mulai tergoda belum dengan kesegaran yang dihadirkan oleh es laksamana mengamuk khas riau ini, sangat mudah ko bila anda ingin langsung membuatnya, dan sangat simple juga loh. Jadi nanatinya kalau anda bisa membuatnya anda tidak usah repot-repot pergi ke riau untuk mencicipi minuman segar ini. Selanjutnya dibawah ini akan dibahas mengenai resep spesial es laksamana mengamuk yang sangat segar. Resep Spesial Membuat Es Laksamana Mengamuk Asli Riau.


Ø  Bahan-bahan Es Laksamana:
ü  600 gram es batu serut
ü  300 gram manggakKweni matang, potong kotak
ü  1 buah daging Kelapa muda 1, serut terlebehdulu
ü  2 sendok makan biji selasih

Ø  Bahan Membuat Sirup Es Laksamana:
ü  300 gram gula pasir putih
ü  2 lembar daun pandan, ikat menyimpul
ü  ¼ sendok teh garam dapur halus
ü  250 ml air putih
Ø  Bahan Membuat Kuah Es Laksamana:
ü  3 lembar daun pandan, ikat menyimpul
ü  600 ml santan kental
ü  ¼ sendok teh garam dapur halus

Ø  Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk
ü  Pertama silahkan anda persiapkan bahan untuk membuat sirupnya, dengan merebus air putih dulu dengan rebusan gula pasir didalamnya, kemudian tambahkan daun pandan yang sudah ditali, dan tambahan sedikit garam, aduk hingga gula benar-benar sudah melebur dengan air, dan harum. Angkat dan sisihkan
ü  Selanjutnya bahan untuk kuahnya, silahkan mulai dengan merebus santan kental,tunggu hingga mendidih, tambahakn garam dan daun pandan agar menambah gurih dan wangi aroma kuah, aduk lagi sampai mendidih, angkat bila sudah matang
ü  Simpan dalam gelas atau wadah yang telah disiapkan potongan mangga kweni, biji selasih, daging serut kelapa muda, dan tambahan es batu untuk menambah kesegaran.
ü  Siram bagian atas dari bahan-bahan yang sudah dimasukan kedalam gelas sirupdan kuah es laksamana mengamuk
ü  Silahkan sajikan es laksamna mengamuk untuk hari yang lebih istimewa

Minuman segar yang sangat cocok untuk kita-kita yang mencari kesegaran, dan selain itu gampang pula membuatnya, silahkan langsung dibuat saja, jangan bingung cari-cari menu es segar lainnya, yang lebih segar banyak, tapi yang segar dan spesial hanya Resep Spesial Membuat Es Laksamana Mengamuk selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad