Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Khas Betawi - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, July 16, 2018

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Khas Betawi

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Khas Betawi

Cara membuat kue bugis ketan hitam betawi - Hallo sobat pecinta kue tradisional dimanapun anda berada, berjumpa lagi dengan saya admin koplak yang akan selalu menemani anda dalam keadaan apapun terutama untuk teman-teman saya yang ada di makassar dan juga betawi, sudah kayak penyiar radio saja nih saya hehe. Sobat tahu tentang suku bugis yang mayoritasnya berada di pulau sulawesi, tahu dong pastinya. Bicara tentang kata bugis, hari ini admin akan berbagi tentang sebuah resep kue tradisional yang berasal dari Indonesia terbuat dari ketan putih maupun ketan hitam.

Salah satu macam cemilan manis tradisional yang memiliki tekstur sangat elastis dan memiliki rasa enak juga tampilan cantik yang cocok masih sering dirancang dan disajikan di hampir setiap keluarga, yaitu kue bugis ketan. Kue bugis merupakan kue basah yang dibuat dari tepung ketan lalu diproses dan dipenuhi gula, coklat dan kelapa parut. Resep dan bagaimana pembuatan kue beras sangat sederhana dan bisa tetap dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Kue yang satu ini pasti bisa menopang perut anda ketika lapar dan bisa membuat anda kenyang juga cocok untuk sarapan pagi anda.

Resep kue bugis ketan hitam Betawi enak spesial? Masa? Bagaimana cara membuatnya? Kue bugis bukanlah merupakan kue khas asal makassar sobat, sama seperti bika ambon. Nama ambon tapi aslinya berasal dari medan. Tetapi apapun namanya tetap saja asli buatan tangan anak bangsa, bener nggak. Kue bugis memiliki banyak nama seperti di jawa dikenal sebagai kue mendut kalau di sumatera barat namanya lapek bugis, dan masyarakat betawi Jakarta menyebutnya dengan kue bugis seperti keaslian namanya, mungkin hanya berbeda cara pembungkusan dan isinya. Terlepas dari itu semua admin akan berbagi resep kue bugis ketan hitam betawi yang enak dan lezat, jika anda sudah penasaran dengan cara membuat kue bugis ketan hitam untuk anda. Langsung bunda, ini dia resepnya silahkan dicomot.

Bahan Pokok Kue Bugis: 200 gram tepung ketan hitam, 100 ml santan kental, Daun pisang secukupnya (pembungkus), 100 ml rebusan daun suji, dan tetesan pewarna hijau, Gula merah secukupnya untuk isi.

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam

  • Masukkan tepung dan gula, aduk rata. Tuang air suji dan santan kedalam tepung, uleni hingga benar-benar kalis. 
  • Pipihkan adonan kue dengan takaran sendok makan, lalu tambahkan potongan gula merah. Lipat dan bulatkan. Lakukan hingga adonan habis 
  • Bungkus adonan kue bugis betawi dengan daun pisang yang sudah dibersihkan dan diolesi minyak, lipat. 
  • Terakhir kukus hingga matang, sajikan diwaktu hangat untuk teman ngopi anda.

Resep kue bugis ketan hitam betawi enak spesial sudah jadi sobat, bagaimana dengan anda sudah mencoba atau sedang mencoba pastinya. Semoga berhasil ya, dan ingat cicipi karena selera masing-masing lidah itu berbeda loh. Jangan lupa untuk membagikan resep ini melalui jejaring sosial yang anda miliki sobat dengan meneka tombol 'share' dibawah artikel. Selamat mencoba dan salam pecinta kuliner Indonesia dan jika ingin berlangganan melalui email secara gratis, anda bisa memasukkan emailnya di kolom yang sudah disediakan ya bunda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad