Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, March 20, 2014

Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak

Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak - Enak , gurih dan mudah . mungkin itulah sebutan yang sangat tepat untuk masakan ini . anda masih bingung membuat makanan ini ? kalau begitu anda tepat sekali membuka resep ini , karna kali ini saya akan berbagi kelezatan resep membuat sambal dan tempe penyet enak yang sangat mudah dibuat sendiri dirumah . selain enak , bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana dan mudah didapat .

Tempe adalah salah satu bahan dalam membuat resep sambal dan tempe penyet enak ini . selain mengandung protein , tempe juga sangat baik bagi tubuh kita . saya yakin tempe adalah makanan yang sangat digemari disetiap kalangan masyarakat luas . dengan hanya digoreng dan berteman nasi hangat saja , tempe ini sudah enak disantap . apa lagi jika ditemani sambal dan lalaban , seperi daun kemangi , mentimun dan kol . pasti akan terasa jauh lebih enak dan sangat nikmat .

Selain tempe penyet , ternyata masih banyak resep yang bisa kita buat dengan bahan dasar tempe loh . seperti bergedel tempe , orek tempe , bacem tempe dan sebagainya . oh iya , hati-hati dalam memilih tempe yang bagus dan baik bagi tubuh kita ya . jangan sampai protein yang kita inginkan untuk tubuh malah menimbulkan penyakit dalam tubuh karena salah memilih tempe yang tidak bagus . anda tentunya tidak mau jika harus memakan tempe yang mengandung penyakit kan ?

Maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit tips dalam memilih tempe yang baik untuk membuat resep sambal dan tempe penyet enak ini . jangan sekali-kali anda membeli tempe yang berbau busuk/berbau tidak enak , tidak seperti tempe pada umumnya yaitu berbau kedelai . lalu jangan sampai anda membeli tempe dengan warna kuningnya itu tidak alami atau terlalu kuning terang . karena sekarang banyak pedagang tempe nakal yang curang yang ingin membuat tertarik pembeli dengan memakai pewarna tekstil untuk mewarnai tempe tersebut .

Sekarang pastinya anda sudah paham bagaimana cara memilih tempe yang baik untuk dikonsumsi oleh anda dan keluarga anda kan ? semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda yang sangat gemar mengolah tempe ya . karna sangat berbahaya bagi tubuh kita jika sampai tempe yang tidak layak konsumsi masuk kedalam tubuh kita . nah jika anda tertarik untuk membuat resep sambal dan tempe penyet ini silahkan ikuti cara pembuatannya dan siapkan bahan-bahan seperti berikut ini .

Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak

Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak

Bahan Untuk Sambal Tempe Penyet Enak :

  • Cabai rawit merah 10 buah
  • Cabai merah besar 3 buah
  • Tomat merah besar 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Gula merah 1 sdt
  • Garam 1/2 sdt atau secukupnya 

Bahan Untuk Tempe Penyet Enak :

  • Tempe 250 gram ( potong-potong )
  • Secukupnya garam , air dan penyedap rasa ayam / sapi untuk rendaman tempe 
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng 

Cara Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak :

  1. Rendamkan potongan tempe tadi ke dalam air yang sudah diberi garam dan penyedap . rendam kurang lebih selama 15 menit , goreng hingga matang , angkat lalu tiriskan .
  2. Goreng semua bahan sambal , hingga layu dan matang . lalu berikan garam dan gula merah merah , ulek sampai halus .
  3. Selanjutnya tempe yang sudah digoreng tadi dipenyetkan atau dilumatkan dengan sambal menggunakan ulekan .
Selesai , sambal dan tempe penyet yang enak siap di sajikan . selain bahan yang sederhana , dalam pembuatan Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak ini juga sangat mudah dan praktis kan ? resep ini wajib dicoba loh , dan wajib disajikan di meja makan anda . yang suka dengan lele bisa ditambahkan dengan lele goreng . dan jika anda yang suka dengan ayam , bisa ditambahkan dengan ayam goreng .

Tips dalam Resep Membuat Sambal Dan Tempe Penyet Enak untuk anda yang doyan pedas , bisa diperbanyak cabai rawit merahnya sesuai dengan selera . terus untuk anda yang tidak menyukai gula merah , bisa diganti dengan gula pasir secukupnya untuk menciptakan rasa manis gurih dalam sambal tersebut . jika anda suka dengan terasi , bisa ditambahkan terasi goreng dalam bahan sambal agar tercipta rasa yang anda inginkan . peraskan jeruk nipis kedalam sambal , agar terasa semakin nikmat . selamat mencoba dan berkreasi sendiri .

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad