Kalio Dagiang Khas Padang - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, June 4, 2017

Kalio Dagiang Khas Padang


Tak lengkap rasanya apabila sudah mengunjungi Restoran Padang tanpa menyantap masakan khas yang satu ini. Kalio Dagiang memiliki rasa dan tekstur yang benar-benar memuaskan lidah para pecinta kuliner Indonesia. Kelezatan masakan ini tak bisa ditandingi oleh makanan Padang lainnya dan juga memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang cukup tinggi.


Kalio Dagiang adalah sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak bersama dengan berbagai rempah-rempah dan cabai, daging direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan sudah menyerap rasa dan aroma dari berbagai bumbu. Sekali gigit, anda pasti akan terhipnotis oleh kelezatannya.

Kalio merupakan salah satu sajian masakan khas Padang, Sumatra Barat. Hidangan ini jika dilihat mirip dengan rendang, hanya saja rendang tidak berkuah, sedangkan kalio ini ada kuah kentalnya dengan banyak potongan kentang di dalamnya. Sebagamana rendang yang membutuhkan banyak bumbu, kalio ini juga dimasak dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya.


Kalio ini biasanya terbuat dari daging sapi, namun jika anda mau anda bisa menggantinya dengan daging kambing maupun daging ayam sesuai dengan selera anda. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat kalio daging sapi khas padang. Resep membuat kalio daging sapi khas padang adalah sebagai berikut.

Ø  Bahan yang dibutuhkan:
ü  1 kg dagig sapi sandung lamur, potong ukuran 3x3cm
ü  6 buah kentang, belah menjadi 4
ü  300 ml santan kental
ü  Air untuk merebus
ü  Minyak untuk menumis

Ø  Bumbu yang dihaluskan:
ü  8 siung bawang merah
ü  8 siung bawang putih
ü  10 buah cabai merah`
ü  10 buah cabai rawit
ü  2 ruas jari jahe
ü  2 ruas jari kunyit
ü  6 butir kemiri sangria
ü  2 sendok makan ketumbar sangria
ü  ½ sdt jinten

Ø  Bumbu-bumbu lain:
ü  1 sendok makan garam
ü  2 sendok makan gula pasir
ü  3 ruas jari lengkuas, pipihkan
ü  3 buah kapulaga
ü  3 buah kembang lawang/pekak/star anise
ü  2 batang kayu manis
ü  5 butir cengkeh
ü  2 buah serai, pipihkan
ü  5 lembar daun salam
ü  10 lembar daun jeruk purut
ü  2 lembar daun kunyit, simpulkan

Ø  Cara membuat:
ü  Tumis bumbu yang dihaluskan pada panci atau wajan hingga harum. Aduk-aduk selama menumis agar bumbu tidak gosong. Tambahkan daun jeruk purut, daun salam, serai, lengkuas, daun kunyit, kapulaga, kembang lawang, cengkeh, dan kayu manis, kemudian tumis hingga daun bumbu menjadi layu.
ü  Masukkan daging, aduk rata. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga hingga daging mengeluarkan air dan menyusut. Tambahkan gula dan garam beserta 500 ml air panas. Rebus dengan api kecil hingga daging menjadi empuk secara merata.
ü  Masukkan potongan kentang, tunggu hingga daging dan kentang empuk dan matang.
ü  Masukkan santan kental, masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk secara merata agar santan tidak pecah, tunggu hingga kuahnya mengental namun tidak sampai kering. Cicipi rasanya.
ü  Angkat dan sajikan.

Nah itulah resep kalio daging khas padang. Baca juga : Gulai paku khas padang, klik disini

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad