Resep Cumi Cah Kangkung Khas Jambi - 4Slag Resep Senyum

Resep Masakan, Minuman, dan Berbagai Macam Kuliner luar Maupun dalam Negri

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, June 19, 2017

Resep Cumi Cah Kangkung Khas Jambi



Jambi juga memiliki masakan tumisan yang tidak kalah dari daerah lainnya. Mereka punya resep tumis kangkung yang cukup unik yang ditambah dengan cumi segar dengan rasa kecap ikan yang segar. Masakan ini sering disebut Cumi Cah Kangkung. Dalam membuat Cumi Cah Kangkung sebenarnya hampir sama dengan tumis kangkung pada umumnya. 

Namun yang berbeda adalah pemberian cuminya pada tumisan kangkung dan bumbu yang digunakan. Sehingga menjadikan Cumi Cah Kangkung ini berbeda dengan yang lainnya.Resep Masakan Cumi Cah Kangkung Khas Jambi ini memiliki proses pembuatan yang sangat sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Jadi, kami yakin anda bisa mempraktikkannya dirumah.Tentu saja, Cumi Cah Kangkung ini memiliki khasiat kesehatan jika kita melihat dari komposisi bahan masakannya.Cumi, dibalik dagingnya yang kenyal dan manis, menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan.


Bagi anda yang bosan dengan tumis kangkung yang biasa dan itu itu saja, sekarang kami akan berikan resep masakan kangkung yang berbeda dan merupakan khas dari salah satu wilayah di Indonesia yaitu Jambi dan tentu anda bisa mencoba membuatnya dirumah. Jambi ternyata memiliki kuliner yang tidak kalah menariknya dengan masakan dari daerah lainnya. Mereka punya resep tumis kangkung yang cukup unik yang ditambah dengan cumi segar dengan rasa kecap ikan yang segar. Masakan ini sering disebut Cumi Cah Kangkung.

Dalam membuat Cumi Cah Kangkung sebenarnya hampir sama dengan tumis kangkung pada umumnya. Namun yang berbeda adalah pemberian cuminya pada tumisan kangkung dan bumbu yang digunakan. Sehingga menjadikan Cumi Cah Kangkung ini berbeda dengan yang lainnya. Resep Masakan Cumi Cah Kangkung Khas Jambi ini memiliki proses pembuatan yang sangat sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Jadi, kami yakin anda bisa mempraktikkannya dirumah.

Tentu saja, Cumi Cah Kangkung ini memiliki khasiat kesehatan jika kita melihat dari komposisi bahan masakannya. Cumi, dibalik dagingnya yang kenyal dan manis, menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan. Sebagai contoh diantaranya, tinta hitam dari cumi ternyata memiliki sifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Tinta hitam dari cumi bisa mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang bisa menyebabkan sel kanker dan tumor. Disamping itu, cumi bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam darah kita.

Manfaat kangkung itu sendiri bagi kesehatan kita ternyata kangkung mengandung anti-toksin yang bagus untuk meringankan penyakit bisul sampai perawatan kulit. Selain itu kangkung juga bisa mengatsi sembelit karena tinggi akan serat. Kangkung juga menawarkan kandungan zat besi sebesar 2,5 gram per 100 gram yang baik untuk menambah hemoglobin dalam darah kita.

Kandungan Vitamin A dari kangkung pun cukup tinggi, sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan mata. Belum lagi kandungn beberapa bumbu khas yang digunakan. Jadi kangkung punya segudang manfaat bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya. Dengan melihat segudang manfaatnya, rasanya anda tidak usah ragu dalam membuat Cumi Cah Kangkung ini, karena tentu pasti sehat dan enak. Tidak usah berlama-lama lagi, kami akan jelaskan kepada anda tentang kesederhanaan Resep Masakan Cumi Cah Kangkung Khas Jambi kepada anda. Silahkan disimak.

Ø  Bahan-bahan :
ü  Cumi segar ukuran sedang sebanyak kurang lebih 500 gram. Cuci bersih cumi lalu potong-potong sesuai selera dan gurat gurati daging cumi bagian dalamnya.
ü  Bawang putih lokal sebanyak 3 buah. Haluskan bawang putih tersebut dengan cara diulek.
ü  2 ikat kangkung yang sudah disiangi atau dibersihkan dan dipotong-potong sesuai selera anda.
ü  2 sendok makan margarin
ü  1 sendok makan kecap ikan
ü  1 sendok teh minyak wijen
ü  100 ml air
ü  ½ sendok teh garam

Ø  Cara membuat Resep Masakan Cumi Cah Kangkung Khas Jambi :
ü  Siapkan wajan, nyalakan api kemudian masukkan margarin lalu tumislah bawang putih yang sudah dihaluskan tadi sampai tercium bau harum.
ü  Masukkan potongan cumi, beri kecap ikan, minyak wijen, lalu masukkan 100 ml air dan bumbui garam secukupnya. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata.
ü  Masukkan kangkung dan masak sebentar sampai kangkung menjadi sedikit layu sambil sesekali diaduk-aduk. Ini agar kangkung bisa tercampur baik dengan kuahnya.
ü  Setelah layu artinya Cumi Cah Kangkung siap untuk diangkat.
ü  Sajikan untuk keluarga.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad